Anak kecanduan gadget, orang tua harus apa?

Anak kecanduan gadget, orang tua harus apa?

Gadget bukan hanya memudahkan orangtua saja, karena bisa menenangkan anak yang rewel dalam waktu singkat. Namun, penggunaan gadget yang tidak terkontrol dapat membuat anak menjadi kecanduan dan sulit sekali untuk dipisahkan. Adiksi gadget pada anak akan membuat ia betah berlama-lama menatap layar gadget, yang dapat berujung pada rusaknya penglihatan sedari dini. Lantas, apa yang harus dilakukan orangtua untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak? Lakukan hal-hal berikut ya, bu!

1.Berikan Permainan yang Lain
Mengatasi kecanduan gadget dapat ibu lakukan dengan memberikan alternatif permainan lain pada anak. Bisa jadi, kecanduan yang ia alami disebabkan karena permainan yang menyenangkan dalam gadget. Memberikan permainan lain bisa dilakukan dengan hal-hal yang tidak berkaitan dengan elektronik, seperti lego. Permainan ini bukan hanya mampu mengasah kreativitas anak saja, tetapi juga dapat merangsang pola pikirnya.

2.Jangan Menggunakan Gadget di Depan Anak
Langkah mengatasi kecanduan gadget selanjutnya bisa dilakukan dengan tidak menggunakan gadget di depan anak. Anak merupakan penipu ulung yang akan meniru apapun hal-hal yang dilakukan orangtua. Sebagai orangtua, sebaiknya ibu tidak menggunakan gadget di depan anak dengan memaksimalkan waktu bermain bersamanya.

3.Berikan Hadiah atau Hukuman
Mendidik anak dengan memberikan hadiah atau hukuman memang dapat memberikan dampak tersendiri bagi beberapa anak. Namun, upaya mendidik anak dengan cara tersebut cukup berhasil. Mendidik dengan cara tersebut menunjukkan sejauh mana keterlibatan orangtua dalam kegiatan anak. Sistem tersebut juga bisa digunakan untuk mengontrol perilaku anak. Dengan aturan dan cara yang tepat, sistem ini efektif untuk menerapkan aturan di Gadget

4.Aturan Menggunakan Gadget
Aturan menggunakan gadget termasuk masalah waktu. Untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak, sebaiknya orangtua memberikan batasan waktu anak dalam bermain gadget. Setelah waktunya habis, orangtua harus bersikap bijaksana dan mengalihkan perhatian anak pada kegiatan lainnya. Aturan juga bisa ditetapkan pada beberapa area rumah, seperti ruang makan, kamar mandi, dan juga kamar tidur dengan tidak memperbolehkan anak bermain gadget di ruangan tersebut.

5.Awasi saat Menggunakan Gadget
Mengawasi penggunaan gadget dapat dilakukan dengan memantau aktivitas anak pada gadget serta refleksi terbuka pada anak. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan, seperti permainan apa yang sedang dimainkan atau film apa yang sedang ditonton. Hal tersebut akan membentuk tanggung jawab anak serta menumbuhkan keterbukaan pada orangtua.

6.Ajak Anak Bermain dengan Alam
Gadget membuat anak-anak jarang berinteraksi dengan alam, terutama bagi penduduk perkotaan. Padahal, banyak sekali permainan anak yang dapat dilakukan di ruang terbuka, seperti berkebun atau camping. Faktanya, anak yang lebih sering bermain di alam dan ruang terbuka akan lebih waspada, memiliki gerak motorik yang lebih baik, serta lebih kreatif.

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2020

Cbrkonten